0

Peran Internet dalam Pembelajaran

Posted by henny slalu b'juang on 19.44 in
Internet merupakan salah satu media pembelajaran. Sebagai media pembelajaran, internet memiliki dukungan yang cukup besar bagi peningkatan mutu pendidikan. Mengingat pendidikan selalu berkembang, sehingga diperlukan inovasi baru bagi perubahan paradigma pendidikan. Tentu saja memanfaatkan internet sebagai bagian dalam kegiatan pembelajaran merupakan salah satu caranya. Namun tidaklah semudah dan sesederhana yang kita bayangkan, banyak yang harus diperhatikan, dipelajari dan dilakukan secara sungguh-sungguh sebelum menerapkannya dalam pembelajaran.

Fasilitas aplikasi internet cukup banyak sehingga mampu memberikan dukungan bagi berbagai pihak, seperti bagi keperluan militer, akedemisi, media massa maupun bisnis. Banyak aplikasi yang ada dalam internet. Perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan dan beberapa parubahan mendasar pada paradigma dunia pendidikan. Salah satu perkembangan teknologi yang cukup pesat yaitu internet. Internet mampu membuat pembelajaran lebih efektif dan efisien, karena dapat dilakukan tanpa harus saling bertatap muka. Namun tidak dapat dipungkiri lagi bahwa setiap teknologi selain memiliki kelebihan juga memiliki kelemahan. Kelemahan dari internet sebagai media pembelajaran yaitu tingginya kemungkinan gangguan belajar.

A. Perkembangan Internet

Internet merupakan jaringan global yang menghubungkan beribu bahkan berjuta computer (local/wide area network) dan computer pribadi ( stand alone), yang memungkinkan setiap computer yang terhubung kepadanya bisa melakukan komunikasi satu sama lain. Internet memiliki cukup banyak aplikasi, diantaranya seperti Telnet, Gopher, WAIS , e-mail, Mailing List (milis), Newsgroup, File Transfer Protocol (FTP), Internet Relay Chat, World Wide Web (www). Dari keseluruhannya tersebut ada 5 yang digunakan dalam pendidikan, diantaranya e-mail, mailing list (milis), newsgroup, File Transfer Protocol (FTP),dan World Wide Web (www).


B. Internet sebagai Media Pembelajaran

Penggunaan internet sebagai keperluan pendidikan semakin meluas, terutama di negara-negara maju. Karena dengan adanya media internet dimungkinkan terselenggaranya proses pembelajaran yang lebih efekif. Hal tersebut terjadi karena adanya sifat dan karakteristik internet yang cukup khas, sehingga diharapkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran sebagaimana media lain yang telah digunakan sebelumnya, seperti radio, televisi, video, cd-room interaktif, dll.

Sebagai media yang diharapkan akan menjadi bagian dari suatu proses pembelajaran di sekolah, internet harus mampu memberikan dukungan bagi terselenggaranya proses komunikasi interaktif antara pengajar dengan pembelajar sebagaimana yang dipersyaratkan dalam suatu kegiatan pembelajaran. Kondisi yang harus mampu didukung oleh internet tersebut terutama berkaitan dengan strategi pembelajaran yang akan dikembangkan. Strategi pembelajaran yang meliputi penagajaran, diskusi, membaca, penugasan, presentasi dan evaluasi, secara umum keterlaksanaannya tergantung dari satu atau lebih dari tiga model dasar dialog atau komunikasi, sebagai berikut (Boettcher 1999):

a. Dialog atau komunikasi antara pengajar dengan pembelajar

b. Dialog atau komunikasi antara pembelajar dengan sumber belajar, dan

c. Dialog atau komunikasi diantara pembelajar

“Sanaky (1991:181) menyatakan apabila ketiga aspek tersebut diselenggarakan dengan komposisi yang serasi, maka dapat diharapkan akan terjadi proses pembelajaran yang optimal.” Internet merupakan media yang bersifat multi rupa. Artinya, pada satu sisi internet dapat digunakan untuk berkomunikasi secara interpersonal. Misalnya, dengan menggunakan e-mail dan chat sebagai sarana berkomunikasi antar pribadi. Internet juga memiliki kemampuan memfasilitasi kegiatan diskusi dan kolaborasi oleh sekelompok orang bahkan kemampuannya untuk menyelenggarakan komunikasi tatap muka (teleconference)..

Internet mampu dan dapat digunakan dalam seting pembelajaran di sekolah, karena memiliki karakteristik yang khas yaitu :

1) Sebagai media interpersonal dan juga sebagai media massa yang memungkinkan terjadinya komunikasi one-to-one maupun one-to-many

2) Memiliki sifat interaktif

3) Memungkinkan terjadinya komunikasi secara sinkron maupun tertunda, sehingga memungkinkan terselanggaranya ketiga jenis dialog atau komunikasi yang merupakan syarat terselenggaranya suatu proses pembelajaran.

Internet memiliki peran yang tidak kalah besarnya dan bahkan mungkin karena karakteristik nya yang khas maka di suatu saat nanti internet bisa menjadi media pembelajaran yang paling terkemuka dan dipergunakan secara luas. Untuk memanfaatkan internet sebagai media pembelajaran di sekolah, ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian danpenanganan serius agar pemanfaatan internet untuk pembelajaran dapat berhasil secara efektif dan efisien, yaitu:

1) Faktor lingkungan

2) Pembelajar

3) Pengajar

4) Faktor teknologi

Selain itu, pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran dalam seting pembelajaran disekolah, perlu dipersiapkan fasilitas dan sumber daya manusia,yaitu kesiapan pengajar, pembelajar, kebutuhan hardware dan software, dan dukungan teknik serta bentuk pemanfaatan.

1) Kesiapan pengajar

Keberhasilan pembelajaran berbasis internet ini secara signifikan ditentukan oleh karakteristik pengajar-pengajar yang akan dilibatkan dalam pemanfaatan internet. Hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain:

a) Pengajar perlu diberikan pemahaman tentang berbagai keuntungan, termasuk kelebihan dan kelemahan penggunaan internet dalam pembelajaran.

b) Pengajar akan berperan sebagai pengembang dan pengguna

c) Pengajar yang akan dilibatkan dalam pengembangan dan pemanfaatan internet untuk pembelajaran, hendaknya memiliki pengalaman dan kemampuan mengajar yang cukup.

d) Jumlah pengajar yang akan dilibatkan dalam pengembangan dan pemanfaatan internet untuk pembelajaran, hendaknya di sesuaikan dengan kebutuhan dan dilakukan secara bertahap

e) Pengajar harus memiliki komitmen dan keseriusan dalam menangani pengembangan dan pemanfaatan internet untuk pembelajaran. .

f) Tetap menjaga gaya mengajar tiap-tiap pengajar.

2) Kesiapan Pembelajar

Perbedaan-perbedaan karakteristik, sikap dan perilaku pembelajar harus dikenal seorang pengajar sebelum melakukan proses pembelajaran dengan berbasis internet. Dengan mengetahui karakteristik dari masing-masing pembelajar, seorang pengajar akan dapat memberiksan pelayanaan sebaik-baiknya pada masing-masing segmen dan memberikan kepuasan orang-orang di dalam segmen tersebut.

3) Kebutuhan Hardware dan Software

Untuk terselenggaranya kegiatan pembelajaran dengan dukungan internet, factor teknologi merupakan suatu hal yang mutlak harus tersedia dan harus memenuhi standard minimal yang dipersyaratkan, baik yang berkaitan dengan program, peralatan, infrastuktur, pengoperasian dan perawatannya.

Untuk mengembangkan, mengpoperasikan dan merawat infrastuktur tersebut perlu diperhatikan 4 aspek dari factor teknologi yaitu client (software dan hardware), server (software dan hardware), mode distribusi dan dukungan teknik.

4. Dukungan Teknik

Dukungan ini lebih bersifat kepada penyediaan sumberdaya manusia yang bertanggung jawab terhadap berfungsinya sistem dan memberikan bantuan apabila pengajar mengalami kesulitan berkaitan dengan perangkat keras maupun perangkat lunak, dalam pelaksanaan penyelenggaraan pembelajaran berbasis internet.

Sumberdaya manusia tersebut bisa direkurt secara khusus yang sudah memiliki kualifikasi untuk itu, ataupun dengan memberikan pelatihan khusus kepada beberapa orang pengajar yang mempunyai minat dan dedikasi kearah itu.

Hal-hal yang harus ada untuk memaksimalkan efektifitas Internet untuk pendidikan :

· Akses ke perpustakaan

· Akses ke pakar

· Melaksanakan kegiatan kuliah secara online

· Menyediakan layanan informasi akademik suatu institusi pendidikan

· Menyediakan fasilitas mesin pencari data

· Meyediakan fasilitas diskusi

· Menyediakan fasilitas direktori alumni dan sekolah

· Menyediakan fasilitas kerjasama,

· Dan lain-lain

Kesimpulan

Perkembangan teknologi yang pesat membawa perubahan pada paradigma dunia pendidikan. Banyak aplikasi dari internet yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Internet dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif dan efiisien.

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 SEMANGAT REMAJA All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.